Selasa, 20 Oktober 2020

Praktik Baik (Best Practice) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiry Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Mewabahnya Covid-19 saat ini mengharuskan kita untuk belajar dan bekerja dari rumah. Guru pun harus kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh agar peserta didik tidak merasa jenuh. Lalu bagaimana caranya ya?

Nah, kali ini saya akan membagi pengalaman saya ketika melaksanakan pembelajaran dari rumah. Tentunya dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan aplikasi berbasis TIK lainnya, diantaranya Whatsapp, Google Classroom, dan Google Formulir. Mari kita simak!

Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu Discovery Inquiry Learning dengan sintaks: stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi.

Pada tahap stimulasi, saya memancing peserta didik dengan memberikan sebuah gambar melalui chat Whatsapp. Dari gambar tersebut, saya mengajak peserta didik untuk masuk ke Google Classroom. Dalam Google Classroom, saya memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya berkaitan dengan gambar. Dari pertanyaan yang muncul, maka otomatis peserta didik sudah melakukan identifikasi masalah.

Setelah itu, untuk memfasilitasi peserta didik dalam pengumpulan data, saya memberikan lembar kegiatan peserta didik (LKPD). Adanya LKPD ini peserta didik dapat melakukan pengumpulan data, baik melalui percobaan secara mandiri maupun mencari sumber untuk menjawab permasalahan. Untuk memudahkan peserta didik dalam mengumpulkan data, saya memberikan referensi berupa materi, video yang diambil dari Rumah Belajar, dan simulasi percobaan dalam Laboratorium Maya yang saya sematkan linknya dalam postingan materi pada Google Classroom.

Data-data yang sudah dikumpulkan kemudian diolah untuk dilaporkan dalam bentuk penyelesaian tugas. Tugas yang dikumpulkan selanjutnya saya nilai dan tidak lupa saya berikan komentar jika ada yang perlu ditambahkan atau diperbaiki.

Selanjutnya untuk mengecek pemahaman peserta didik, saya memberikan umpan balik berupa pertanyaan. Dan langkah berikutnya adalah generalisasi. Kegiatan ini dilakukan melalui chat Whatsapp. Bersama peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Terakhir, untuk mengukur sejauh mana ketercapaian pembelajaran peserta didik, saya memberikan kuis berupa soal yang saya buat melalui Google Formulir.

Nah, demikian tadi pengalaman saya ketika melaksanakan pembelajaran jarak ajuh dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar. Adanya portal Rumah Belajar ini sangat membantu saya dalam menyediakan sumber belajar virtual terutama untuk materi yang sulit dipahami dan sifatnya abstrak. Dan tentunya masih banyak fitur-fitur dalam Rumah Belajar yang dapat kita manfaatkan dalam pembelajaran.

Belajar Asyik Bersama Rumah Belajar

3 komentar:

  1. Bisa dikembangkan jadi ptk Bu, bisa minta tolong artikel lbh dilengkapi langkah2 atau sintaks2 discovery inquirinya ya? Untuk referensi. Trm ksh, sukses dan maju terus buvtutuk.

    BalasHapus